Sunday 8 May 2016

Kontes Kelinci Indonesia


Siapa sih yang gak suka sama kelinci. Nah bagi kalian yang suka dengan keimutan dan kelucuan kelinci, gak usah khawatir deh untuk ngembangin hobi kalian. Mungkin banyak dari kalian yang belum mendengar adanya kontes kelinci. Mungkin yang sering kita dengar pasti yang sering diadain kontes itu hanya burung atau kucing. Nah oleh karena itulah disini saya coba share sekaligus mengenalkan adanya kontes kelinci yang sudah rutin digelar di indonesia.

"Jika kontes kelinci sudah rutin diadakan, lalu kenapa sih tidak banyak teman-teman yang mendengarnya?" yups, inilah realita yang ada, maka saya akan coba berikan alasannya. Kontes kelinci ini sebarnya sudah rutin diadakan mulai tahun 2010-an (saya kurang tahu persisnya, mungkin sebelum ini juga sudah terdapat kontes). Nah kenapa kok diantara kita jarang banget yang mendengarnya, itu karena kontes kelinci yang digelar ini bukan sembarang kontes. Kontes kelinci yang rutin digelar ini adalah kontes tingkat Nasional. Saat ini hanya wilayah-wilayah tertentu di jawa barat/ jakarta dan jawa tengah saja yang sudah menggelarnya. Untuk area jawa timur sendiri, masih menjadi agenda tersendiri bagi komunitas breeder jawa timur.

Karena kontesnya tergolong jauh sekali dari daerah kita, sudah sewajarnya jika hanya sedikit orang yang mendengarnya. Hanya orang-orang tertentu saja atau yang benar-benar tergila-gila dengan kelinci saja yang biasanya rela  jauh-jauh mendatangi kontes ini. (Termasuk saya..haha).

"Lalu mengapa dijawa timur tidak digelar kontes?" hem ternyata menggelar kontes kelinci benar-benar tidak simpel seperti menggelar kontes binatang peliharaan yang lain. Kontes kelinci yang digelar ini harus benar-benar mengikuti aturan-aturan penilaian sesuai dengan pedoman penilaian yang telah dibuat oleh ARBA (Asosiasi Peternak Kelinci Amerika). Karena jika maen kualitas kelinci, sudah pasti kita harus mematuhi aturan ini.

Setiap Ras kelinci murni yang beredar di indonesia ini adalah jenis ras yang sudah diakui dunia, dan ARBA adalah salah satu yang bisa membuat hak Paten dalam penemuan ras kelici didunia. So pasti, jika anda ingin mengetahui mana yang jenis kelinci ras murni dan bukan, sudah pasti anda harus mengetahui spesifikasi-spesifikasi kelinci anda sesuai dengan kaidah baku yang ditetapkan oleh ARBA dalam buku SOP-nya (Standart of Perfection). Jadi lomba kelinci benar-benar tidak bisa dinilai secara sembarangan ya guys,,!

Untuk mengikuti kabar terbaru jika akan diadakan Lomba anda bisa mengikuti berita dari kami disini ya guys! https://www.facebook.com/JualKelincidiTuban


No comments:

Post a Comment